Sabtu, 13 Juni 2009

How To Be A Good Leader


"Sebuah pertanyaan penting bagi para pemimpin : "Apakah saya membangun orang-orang, atau membangun impian saya dan menggunakan orang-orang untuk melakukannya?""
_John C Maxwell_

"Memegang kekuasaan adalah ibarat menjadi seorang wanita. Kalau anda harus memberitahu orang-orang bahwa anda seorang wanita, anda pasti bukan wanita"
_Margaret Thatcher_
dari statement di atas, setiap kali kepemimpinan kita tidak cukup jelas bagi mereka-mereka yang di sekeliling kita sehingga perlu dijelaskan, kita terancam kehilangan kepemimpinan kita. Kalau anda harus terus menerus mengingatkan orang-orang bahwa andalah yang memimpin, kemungkinan besar ada orang lain yang mengambil peran tersebut. kepemimpinan hendaknya tampak alami dan terlihat oleh semua orang.

"Seseorang yang ingin memimpin orkestranya harus membelakangi orang banyak"

" Elang itu tidak pernah berkelompok...anda harus mencarinya satu persatu.."
_H Ross Perot_
elang tidak akan pernah mau disaingi oleh burung lain baik dari kecepatan, maupun ketinggian. Ia akan terus berusaha berada di depan dan teratas dibanding burung-burung lain. Dan selayaknya pemimpin juga harus seperti itu..

"Seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang dapat menginjak kaki anda tanpa merusak kilap sepatu anda"
seorang pemimpin sudah seharusnya memiliki kemampuan untuk mengatakan yang sebenarnya, memaparkan keharusan-keharusan,serta memberikan perintah-perintah yang efektif kepada orang lain. Di saat yang sama, mereka lakukan semuanya itu dengan kehangatan serta pengertian yang sedemikian rupa, dengan humor serta kepekaan yang sedemikian rupa, sehingga tak seorangpun merasa didesak.

Namun, yang terpenting bagi saya...
"Pemimpin itu harus mampu mendengar, jeli untuk melihat, dan mampu merasakan dengan hati..."

_Andy Setyawan_
Ka Dewan Perintis Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Selatan (KIRJAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar